RSS

Kamis, 25 Maret 2010

Soal Uraian dan Jawaban

1. Apa yang dimaksud Open Office?
Jawab:
Open Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis.

2. Sebutkan kelebihan dan ciri-ciri Open Office!
Jawab:
Kelebihan Open Office:
a. Kemampuan mengekspor langsung menjadi file PDF.
b. Ketersediaan source code.
c. Berjalan pada banyak platform.
d. Kompatible dengan Ms. Office dan format office lainnya.
e. Format open document yang terbuka dan fleksible.
f. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman.
g. Akses data bus yang luas dan transparan.
h. Wizard untuk konversi dokumen Ms. Office.
i. Sangat customizeable.
j. User interfance yang konsisten antar komponen.
Ciri-ciri Open Office:
a. Murah
b. Bebas
c. Mudah
d. Bersahabat
e. Stabil
f. Mendukung Java

3. Sebutkan bagian-bagian Open Office!
Jawab:
Bagian-bagian Open Office:
a. Title bar
b. Control windows
c. Menu bar
d. Toolbar standard
e. Toolbar formating
f. Ruler
g. Scrool bar
h. Toolbar drawing
i. Status bar

4. Jelaskan cara memformat teks!
Jawab:
Untuk menebalkan huruf dilakukan dengan memblok teks yang akan diformat, kemudian tekan B pada toolbar formating.
Untuk memiringkan huruf dilakukan dengan memblok teks yang akan diformat, kemudian tekan I pada toolbar formating.
Lakukan hal yang sama pada teks lain yang akan diformat. Pilih format teks yang diinginkan pada toolbar formating.

5. Apa yang dimaksud dengan mail marge?
Jawab:
Mail marge sering juga disebut surat massal, yaitu surat yang isinya senada dan dikirimkan ke banyak orang atau tujuan yang berbeda-beda.

6. Sebutkan cara membuat mail marge pada Open Office!
Jawab:
Cara membuat Mail Marge:
a. Dengan OpenOffice.org Writer buatlah dokumen utama.
b. Isi dengan sumber data yang dibuat dengan OpenOffice.org Calc.
c. Selanjutnya, kembali dokumen utama di OpenOffice.org Writer. Pada langkah ini kita akan menghubungkan dokumen utama dan sumber data. Untuk mengambil sumber data dari dokumen spreadsheet, klik File –> Wizards –> Address Data Source.
d. Kemudian pilih Other external data source.
e. Pada Connection Setting pilih Setting –> Spreadsheet –> Next.
f. Arahkan menuju file sumber data Anda. Klik Browse –> Finish. Anda dapat melakukan Test Connection terlebih dahulu untuk menguji apakah file Anda benar-benar bisa diubungkan.
g. Pada Field Assigment biarkan sesuai dengan defaultnya saja. Pada Data Source Title, gantilah judulnya. Klik Next –> Finish untuk mengakhiri.
h. Selanjutnya, tekan tombol F4 atau klik menu View –> Data Sources, sehingga Anda memiliki tampilan Data Source seperti berikut. Klik dua kali pada Sheet1 untuk melihat sumber data yang telah kita buat di aplikasi spreadsheet. Jika Anda menemui kesulitan untuk menampilkan sumber datanya, padahal sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda lakukan refreshing data, caranya dengan tekan F4 beberapa kali.
i. Untuk mencetak hasilnya, klik File –> Print. Pilih Yes jika ada pertanyaan konfirmasi.
j. Selanjutnya pada Output pilih File, karena kita akan melihat hasilnya di file terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah yakin Anda bisa memilih langsung Printer. Sedangkan untuk cara penyimpannya Anda bisa menggunakan Save as single document jika Anda hanya ingin menyimpan dalam bentuk satu file. Namun jika Anda ingin menyimpan satu persatu sesuai dengan jumlah data, maka pilihlah Save as individual documents.
k. Selesai.

7. Jelaskan cara membuat dan mencetak document amplop pada Open Office!
Jawab:
Cara membuat dan mencetak document amplop pada Open Office:
a. Pilih File > New > Text Document
b. Pilih Format > Page
c. Pilih tab Page.
d. Pilih kertas jenis amplop pada list Format.
e. Klik OK
f. Buat isi amplop. Anda juga dapat menggunakan text frame untuk mempermudah pengaturan.
g. Setelah dokumen selesai, dokumen siap dicetak.
h. Pilih File > Print untuk memulai mencetak dokumen.
i. Sebelumnya pastikan posisi dan settingen layout sudah menyesuaikan untuk layout amplop.

8. Sebutkan menu-menu pokok yang terdapat dalam menu bar dalan Open Office!
Jawab:
File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window dan Help.

9. Sebutkan komponen-komponen yang terdapat dalam paket aplikasi Open Office!
Jawab:
Pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database).

10. Apa yang harus kita lakukan jika kita menemui kesulitan untuk menampilkan sumber data saat membuat mail marge?
Jawab:
Jika kita menemui kesulitan untuk menampilkan sumber datanya, padahal sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka kita lakukan refreshing data, caranya dengan tekan F4 beberapa kali.

0 komentar:

Posting Komentar