RSS

Kamis, 25 Maret 2010

Menulis Arab di Open Office

Cara untuk menulis Arab di Open Office, yaitu:
1. Setting desktop agar mendukung keyboard layout huruf arab, dengan cara buka Terminal atau Konsole. Bisa juga dengan menekan ALT+F2. Setelah itu buka Control Setting.
2. Setelah muncul jendela Control Setting, pilih Regional & Assebility, kemudian pilih Keyboard Layout. Pada tab layout tandai opsi Enable keyboard layouts. Pada sisi jendela Keyboard Layout akan terpampang dengan sangat jelas bendera negara dan namanya. Pilihlah layout Arabic dengan keymap arab, kemudian tekan tombol Add>>. Kemudian klik Apply. Nah sampai di sini setting desktop sudah selesai. Jika dilihat di panel bawah KDE akan muncul applet bergambar Bendera USA secara default. Jika ingin mengganti ke mode Arabic tinggal klik saja ke mode Arabic.
3.Buka OpenOffice Writer, kemudian pilih menu Tools >
Options > Language Settings > Languages. Tandai opsi Enabled for complex text layout (CTL).
4. Sampai di sini sudah selesai, tinggal uji coba saja. Untuk menulis arab, biasanya dimulai dari kanan ke kiri, maka pilih arah penulisan paragraf Right-To-Left dengan menklik icon di toolbar. Anda bisa menikmati OpenOffice untuk menulis arab.
5. Untuk memberi harakat bisa dilakukan dengan menekan SHIFT+Q untuk fathah, SHIFT+A untuk kasrah, SHIFT+W untuk fathah tanwin, SHIFT+S untuk kasrah tanwin, SHIFT+E untuk dhammah, SHIFT+R untuk dhammah tanwin.

0 komentar:

Posting Komentar